Rabu, 23 September 2015

Tips Menyiasati Ruangan Kecil di Rumah Anda (Bagian I)

Rumah adalah tempat Anda bernaung bersama keluarga kecil Anda. Rumah seharusnya menjadi tempat paling nyaman karena Anda akan hidup sehari-hari di sana. Namun bagaimana jika rumah yang Anda miliki hanya berukuran kecil? Jangan khawatir, ada banyak cara untuk memaksimalkan ruang sekalipun ukurannya kecil. Tips di bawah ini dapat Anda aplikasikan pada rumah Anda, untuk mendapatkan rumah yang lebih nyaman dan enak dipandang.

1.       Tinggikan Atapnya
Jika ruangan pada rumah Anda terbatas pada lebarnya, maka maksimalkan saja tinggi atapnya. Atap yang tinggi akan membuat ruangan tampak lebih luas, walaupun lebarnya tidak berubah. Ruangan akan terasa lebih lega dan besar dengan atap yang tinggi. Selain itu, atap tinggi dapat meluaskan pandangan Anda di dalam rumah serta mendukung pencahayaan yang lebih baik. Sebaliknya, hindari atap yang rendah terutama jika ruangannya sudah berukuran kecil. Atap rendah hanya akan menciptakan kondisi yang pengap, kecil, dan sempit.

2.       Hindari Sekat
Penggunaan sekat ruangan memang diperlukan terlebih untuk kamar mandi dan kamar tidur. Ruang tamu juga sebenarnya butuh disekat agar memisahkan tamu dengan aktivitas di rumah Anda. Namun jika memungkinkan, hindari penggunaan sekat untuk ruangan-ruangan yang tidak memerlukan sekat seperti dapur, ruang TV atau ruang makan. Jika memang diperlukan namun rumah Anda sudah terasa sempit, Anda bisa siasati dengan menggunakan pembatas yang bisa dipindah-pindahkan atau lemari pajangan yang tidak terlalu tebal dan terlihat 'berat', karena lemari tersebut hanya akan menambah volume lagi pada ruangan. Ruangan-ruangan yang bisa Anda siasati dengan menggunakan pembatas tambahan adalah ruang tamu, dapur, serta ruang TV.

3.       Pencahayaan yang Baik
Salah satu kunci dalam menata struktur rumah yang baik adalah pencahayaan yang baik pula. Semakin terang ruangan, akan semakin terlihat luas dan lega. Namun bukan berarti Anda harus membeli lampu dengan watt yang besar agar ruangan super terang. Bisa-bisa anggota keluarga Anda malah silau karenanya. Pilih saja lampu dengan watt yang sesuai dengan luas ruangan yang akan diterangi serta tinggi atap ruangan tersebut. Sebaliknya, jika pencahayaan pada rumah Anda kurang baik, kesan remang-remang akan menciptakan kondisi yang sempit dan pengap pada ruangan. Teknik pencahayaan juga perlu diperhatikan, misalnya warna lampu serta peletakan lampu.

4.       Gunakan Warna yang Cerah
Jangan takut untuk berkreasi dengan warna-warna cerah, baik untuk dinding maupun furnitur rumah Anda. Penggunaan warna-warna cerah pada dinding dan furnitur dapat memberikan kesan luas dan lega pada ruangan di rumah Anda. Pemilihan dinding rumah sebenarnya agak penting jika ruangan Anda sempit dan kecil, karena jika warnanya salah, bisa jadi ruangan Anda malah akan terlihat lebih 'penuh'. Warna cat dinding yang paling baik untuk ruangan yang kecil adalah putih, karena tidak akan menciptakan kesan penuh malah akan memberi kesan bersih dan polos sehingga ruangan akan terasa lebih lega. Jika Anda penggemar wallpaper dinding, Anad bisa menggunakannya dengan syarat pilih motif wallpaper yang kecil-kecil. Jangan menggunakan wallpaper yang bermotif besar karena hanya akan lebih menunjukkan kecilnya ruangan tersebut.

5.       Pasang Jendela Besar
Jendela adalah saluran Anda untuk melihat ke luar rumah. Nah, agar terlihat lebih luas dan lega, sebaiknya pasang jendela dengan ukuran yang besar agar pandangan ke luar rumah juga lebih luas dan besar. Jika pandangan ke luar rumah menjadi lebih mudah dan leluasa, akan tercipta kesan lebih luas pada ruangan karena seperti tidak terbatas oleh ukuran ruangan yang kecil dan sempit.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Glitter Salon Spa N Skin Care | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑