Jumat, 04 September 2015

6 Penyebab Rambut Berketombe dan Cara Mengatasinya

Ketombe di rambut biasanya sangat menyebalkan, selain gatal-gatal juga bisa melukai kulit kepala jika digaruk. Lalu, sebenarnya ketombe itu apa sih? Ketombe merupakan pengelupasan sel-sel kulit kepala. Penyebab rambut berketombesendiri cukup beragam. Pemicunya bisa dari faktor psikis, hingga kurang menjaga kebersihan rambut. Nah, rambut berminyak pun bisa memicu timbulnya ketombe ini. Untuk mencegah dan menghindari terjadinya ketombe. Sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu 6 penyebab rambut berketombe dan cara mengatasinya berikut ini:

1. Keringat

Keringat yang berlebihan pada kulit kepala akan mengakibatkan gatal-gatal.Jika tidak langsung dibersihkan, maka keringat tersebut bercampur dengan minyak rambut sehingga menyebabkan timbulnya ketombe.

2. Menggunakan shampo yang salah

Salah satu penyebab rambut berketombe adalah penggunaan produk shampo yang salah. Karena hal ini bisa merusak kulit kepala Anda yang disebabkan alergi terhadap penggunaan shampo tertentu, yang juga menyebabkan kulit kepala terkelupas dan menyebabkan ketombe. Jika rambut berketombe, sebaiknya pakai shampo yang berbahan organik yang efektif melawan ketombe dan mengandung selenium disulphide, piroctone olamine dan salicylic acid.

3. Shampo yang tidak terbilas dengan bersih

Jika Anda menggunakan shampo saat keramas, maka shampo tersebut masih menempel pada rambut karena pembilasan yang kurang bersih bisa menyebabkan ketombe. Maka, sebaiknya bilas shampo hingga bersih pada rambut dan kulit kepala Anda.

4. Faktor makanan

Ya, makanan juga menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe di kepala. Terutama jika Anda mengkonsumsi makanan yang pedas dan panas yang memicu timbulnya keringat berlebih di kulit kepala.

5. Jamur

Jamur yang terletak di kulit kepala dikenal sebagai Malassezia ini memiliki fungsi untuk mencerna minyak yang ada di kulit kepala. Biasanya jumlah jamur normal tidak memiliki masalah rambut apapun, namun jika berlebihan akan menimbulkan tingginya pergantian sel pada kulit kepala. Nah, meningkatnya pergantian sel kulit mati inilah yang terakumulasi secara berlebihan dan menyebabkan timbulnya ketombe. Namun, penyebab hal ini masih belum diketahui secara pasti.

6. Faktor psikis

Ya, faktor psikis yang tidak stabil biasanya membahayakan semua fungsi normal di seluruh tubuh salah satunya mengganggu kesehatan kulit kepala yang bisa menimbulkan ketombe pada rambut.

Nah, itulah 6 penyebab rambut berketombe dan cara mengatasinya yang harus Anda ketahui. Untuk mencegahnya sebaiknya ubah pola hidup Anda, rajin membersihkan rambut dan kulit kepala dengan penggunaan shampo yang tepat, dan buat diri Anda agar tidak stress. Terima kasih telah membaca tips kecantikan dan perawatan rambut diatas dan semoga bermanfaat kepada pembaca IniTips.com.

Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Glitter Salon Spa N Skin Care | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑