Rabu, 02 September 2015

Tips Perjalanan dengan Kapal Laut

Saatnya liburan! Tentunya Anda sudah persiapkan matang-matang mulai dari rencana, keperluan dan budget untuk liburan ini, bukan? Salah satunya adalah alat transportasi yang akan Anda gunakan untuk liburan kali ini. Yang mana yang akan Anda gunakan? Mobil? Bus? Pesawat? Atau kapal? Nah, kalau kapal laut, berikut ini adalah beberapa tips bepergian jika Anda menggunakan kapal laut sebagai alat transportasinya. Hati-hati di jalan, ya!

1.       Siapkan Fisik Anda
Namanya saja kapal laut, artinya selama perjalanan Anda hanya akan melihat laut, laut, dan laut. Bahkan pada beberapa perjalanan, Anda akan merasa sedang tidak bergerak sama sekali, karena air laut yang Anda lihat dari 10 menit yang lalu hingga sekarang terlihat sama saja. Bepergian menggunakan kapal laut akan membatasi pergerakan Anda, karena tidak banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di atas kapal laut. Gerak yang terbatas inilah yang kemudian membuat tubuh Anda akan terasa kaku dan tidak nyaman, sehingga penumpang kapal laut cenderung akan sakit badan saat sampai di tujuan. Persiapkan kondisi fisik yang fit dan bugar untuk menghindari tubuh yang kaku tersebut.
2.       Durasi Perjalanan
Tentu saja Anda akan mengetahui pada pukul berapa Anda akan sampai di tujuan, namun durasi perjalanan tersebut harus dipikirkan lagi untuk memastikan Anda membawa barang-barang yang diperlukan selama perjalanan dengan durasi tersebut. Jika durasi perjalanan memakan waktu sehari atau bahkan berhari-hari, tentunya Anda harus menyiapkan perlengkapan mandi atau baju ganti, misalnya. Anda juga mungkin membutuhkan obat-obatan dan pengusir kebosanan untuk melupakan mabuk laut Anda yang kerap kambuh. Pertimbangkan durasi perjalanan dengan baik dan sesuaikan dengan barang-barang yang akan dibawa.

3.       Bekal Makanan
Jangan harap Anda bisa menyantap sea food yang diambil langsung dari laut di sekitar Anda selama perjalanan. Justru makanan akan sedikit sulit dicari di atas kapal, kecuali yang memang didesain untuk perjalanan beberapa hari. Namun untuk berjaga-jaga, Anda wajib hukumnya untuk membawa bekal makanan sendiri. Sulit untuk mencari makanan kesukaan atau makanan yang cocok dengan lidah Anda di atas kapal. Siapkan juga beberapa camilan favorit untuk mengganjal perut Anda agar tidak mudah terserang masuk angin atau mual.

4.       Obat-obatan
Terutama jika Anda tipe orang yang mudah terserang mabuk laut, obat anti mabuk sangat wajib Anda bawa. Anda tidak akan tahu bagaimana kondisi fisik Anda setelah beberapa jam berada di atas kapal, apakah masih fit atau sudah tumbang. Obat-obatan anti mabuk serta obat lainnya dapat menjadi penolong Anda di saat-saat kritis di atas kapal. Lagipula, di dalam perjalanan dengan kapal, Anda tidak bisa berhenti dulu di mini market untuk membeli obat.

5.       Music Player
Musik memang tidak terbantahkan sebagai penghibur atau penhilang rasa bosan. Dengan mendengarkan musik, Anda mungkin akan lupa dengan perasaan mual atau mabuk karena teringat dengan si dia dari lagu yang sedang Anda dengar. Jika perlu, ikut bernyanyi saja sambil mendengar musik untuk membunuh waktu perjalanan di atas kapal yang membosankan. Tapi ingat, jangan keras-keras, ya.

6.       No Books Allowed
Hindari membaca buku saat berada di atas kapal, karena Anda hanya akan merasa mabuk laut saat membaca, seperti yang terjadi pada beberapa penumpang pada umumnya.

7.       Posisi Duduk yang Nyaman
Posisi duduk akan sangat menentukan apakah perjalanan Anda akan terasa nyaman atau tidak, terutama jika perjalanannya memakan waktu lama. Kapal laut biasanya menyediakan beberapa kelas yang berbeda. Jika Anda ingin nyaman, pilih kelas VIP atau setidaknya kelas 1 yang menyediakan tempat duduk yang nyaman.

Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Glitter Salon Spa N Skin Care | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑