Senin, 05 Oktober 2015

Cara Mengatasi Kebocoran pada Atap

Cara mengatasi kebocoran pada atap, Saat ini di indonesia sedang musim penghujan. Setelah lama tak hujan maka banyak rumah rumah yang atapnya mengalami kebocoran karena tidak ada persiapan. kebocoran di rumah pasti sangat mengganggu. Apalagi kalau bocornya tidak Cuma sedikit dan sudah menembus plafon, pasti akan membasahi barang dibawahnya misal furniture, alat elektronik, atau bahkan di kamar tidur. 

Kebocoran pada Atap

Untuk mengatasi kebocoran pada atap rumah sebaiknya anda perbaiki hal hal yang menyebabkan bocor sebagai berikut:

Kesalahan pada bangunan atap
Kemiringan pada atap yang salah dapat menyebabkan kebocoran. Untuk yang normal sudut kemiringan atap yaitu 30-40 derajat. Bila sudutnya kurang dari 30 maka akan mudah untuk terjadi kebocoran. Selain menyebabkan kebocoran juga akan membuat genteng merosot.
Untuk mengatasinya sebaiknya sebelum musim penghujan datang anda sudah siapkan, caranya dengan membongkar total atap dan menatanya kembali dengan sudut kemiringan 30-40. Namun cara itu tidak mudah, untuk cara yang cukup mudah anda perlu melapisi bagian genteng dengan lembaran lapisan anti bocor misalnya plastik untuk diletakkan di bawah genteng. Dengan lembaran anti bocor ini maka air yang masuk menembus genteng dapat terhalang olh plastik . 
Salah memasang
Sebaiknya anda buat seminimal mungkin sambungan sambungan pada rumah anda misalnya sambungan tepi, talang dan lain lain. Jika pada sambungan tersebut memasangnya tidak tepat maka beresiko menimbulkan kebocoran. 
Pada titik pertemuan atap sebaiknya anda lapisi supaya tidak ada celah yang membuat air dapat masuk. Karena jika tidak ditutupi akan menimbulkan kebocoran. Tutup dengan lapisan yang anti air, biasanya tukang yang membuat bangunan sudah tau jika pada sambungan harus ditutupi.
Pilih material yang berkualitas
Pemilihan material bahan bangunan juga sangat berpengaruh menyebabkan kebocoran atap rumah. Karena material yang memiliki kualitas rendah akan mudah rapuh jika terkena cuaca yang berubah misalnya retak yang menyebabkan kebocoran. Pilihlah material yang memiliki kualitas tinggi yang tahan terhadap cuaca dan tidak mudah retak. Karena akan menjadi tempat tinggal anda maka buatlah rumah senyaman mungkin.
Sumber: http://www.initips.com/2013/12/cara-mengatasi-kebocoran-pada-atap.html 

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Glitter Salon Spa N Skin Care | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑